Pages

ROSYIDAH BLOG

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah, bersabda:
"Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara, atau emas." (HR.Ibnu Majah)
 

12 February 2023

Konsep Pengambilan Keputusan Seorang Pemimpin

7 komentar

 

Sekolah merupakan sebuah ekosistem pendidikan yang didalamnya melibatkan komponen biotik dan abiotik yang saling berinteraksi satu sama lainnya setiap harinya. Komponen biotik tersebut meliputi kepala sekolah, guru sebagai tenaga pendidik, staf TU sebagai tenaga kependidikan, peserta didik, wali murid (komite sekolah). Sedangkan komponen abiotik meliputi sarana dan prasarana sekolah, tata tertib/peraturan/nilai-nilai kebajikan sebagai kesepakatan dan keyakinan sekolah, dan sumber belajar (buku-buku) / media pembelajaran di sekolah lainnya.

 Dalam lingkup lembaga, seorang kepala sekolah yang berperan sebagai pemimpin satuan Pendidikan, sangat lah penting untuk memahami konsep 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan keputusan ini, serta dapat menajamkan perbedaan permasalahan dilema etika dengan bujukan moral. Kepala sekolah berperan sentral sebagai nahkoda ekosistem sekolah, yang membawa ke arah mana sekolah tersebut tumbuh dan berkembang, mewujudkan visi-dan misi sekolahnya, baik untuk peningkatan kualitas pembelajaran maupun layanan pendidikan lainnya. Dalam kesehariannya, tentu banyak hal-hal menarik yang terjadi, yang kadangkala menjadi benturan secara horisontal maupun vertical antara stakeholder di sekolah. (pihak sekolah, wali murid, dan masyarakat), sehingga, dibutuhkan suatu strategi pengambilan keputusan yang efektif dan tepat sasaran saat terjadi dilema etika maupun bujukan moral yang membingungkan.

Dalam lingkup kelas, seorang pendidik sebagai pemimpin pembelajaran sebaiknya memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang baik mulai dari merancang metode pembelajaran, asesmen hingga menindaklanjuti hasil refleksi pembelajaran, dengan berpedoman pada filosofi Ki Hajar Dewantara terkait sistem among pada pengajaran yang berasaskan Pratap Triloka (Ing Ngarsa sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani). Lebih lanjut, dalam proses pembelajaran, dengan menerapkan 5 Kompetensi sosial-emosional (kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan membangun relasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) yang berpondasi pada praktik kesadaran penuh, guru dapat mengenali emosi, perasaan, dan pikiran apa adanya, tanpa penilaian dan penghakiman, namun dengan kepedulian, sehingga guru dapat menentukan pengambilan keputusan yang tepat dan bijaksana. Pembelajaran yang mengintegrasikan KSE, diharapkan dapat memberi ruang lebih luas bagi siswa berkreasi, berinovasi, berpikir kritis, dan bekerjasama dengan lingkungan sekitarnya dengan luwes.

 Nah, apa dan bagaimanakah sebaiknya konsep pengambilan keputusan tersebut? Dan apa kaitannya dengan materi modul-modul sebelumnya? Silakan disimak pada paparan koneksi antar materi Modul 3.1 ini.

7 komentar:

Wijaya kusumah said...

terima aksih banyakatas infomasinya, kebetulan omjay lagi ikut cgp7

Anton Hartono said...

Bermanfaat sekali bu Sitros, sukses selalu yaa bu...

Faizah Khurun'in said...

Skill pengambilan keputusan yang baik adalah hal wajib yang dimiliki setiap guru, bagaimana menyeimbangkan antara nilai aturan dan nilai humanisme.
Terimakasih Bu sitros sudah membagikan ilmu yang didapatkan, sekedar masukan bagaimana jika pengetahuan tersebut dirangkum dan dikemas dalam bentuk yang sangat simpel dengan bahasa yang singkat sehingga bisa lebih mudah untuk dipahami

Sandi Purwanto said...

Artikel tentang "Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan " ini sangat menarik untuk didiskusikan, sangat menginspirasi untuk diterapkan, luar biasa!

Emi Ismiyati said...
This comment has been removed by the author.
Emi Ismiyati said...

Materi yang disampaikan mantap dan berbobot, semangat dan selalu bergerak. Sukses untuk Kak Rose dan semua Guru Penggerak Indonesia

Nuningyulianti29.blogspot.com said...

mantap bu Sitros materinnya yang disampaikan runtut dan lengkap banget .. sangat bermnafaat dan keren

Post a Comment

 
SaReng Bu Rose © Copyright 2017